Mau Sewa Apartemen? Perhatikan Dulu 6 Hal Ini!

tips-menyewakan-apartemen-3

Beberapa orang lebih memilih untuk menyewa dibanding membeli hunian, khususnya generasi milenial. Alasannya pun beragam, mulai dari gaya hidup yang sering berpindah-pindah sehingga tidak memungkinkan untuk tinggal di satu tempat hingga masalah dana yang belum mencukupi untuk membeli hunian.

Salah satu jenis hunian yang menjadi favorit masyarakat adalah apartemen. Minat untuk tinggal di hunian vertikal ini pun semakin tinggi. Permintaan untuk sewa apartemen juga meningkat.

Nah, untuk Anda yang juga ingin menyewa apartemen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Furnished atau Unfurnished?

Tentukan apakah Anda membutuhkan apartemen dengan perabotan (furnished) atau tanpa perabotan (unfurnished). Mungkin, memilih apartemen dengan furnitur bisa menjadi keputusan yang tepat. Jika pemilik menawarkan apartemen dengan furnitur, Anda bisa memanfaatkannya dengan menjual furnitur yang sudah dimiliki untuk menutupi uang sewa.

Pilih Lokasi yang Tepat

Selanjutnya adalah perhatikan lokasi. Pastikan bahwa apartemen yang akan Anda tempati berada di lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas umum, tempat kerja atau kampus, serta memiliki akses yang baik.

Cek Unitnya dengan Seksama

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengecek unit apartemen. Jangan sampai Anda kecewa karena apartemen yang disewa ditak sesuai ekspektasi. Cek unit dengan seksama dan pastikan bahwa apartemen dalam kondisi baik. Cek saluran air, toilet, aliran istrik, kondisi dinding, pendingin ruangan, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya.

Sesuaikan dengan Budget

Setelah menemukan apartemen yang tepat, pastikan bahwa apartemen tersebut sesuai dengan budget yang sudah disiapkan. Kemampuan budget di sini bukan semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja tapi juga biaya maintenance apartemen. Maka dari itu, buatlah proyeksi anggaran bulanan selama tinggal di apartemen.

Jika anggaran yang direncanakan tidak ‘cocok’ dengan budget yang diminta pemilik, ini akan menyulitkan diri Anda. Bahkan, Anda bisa-bisa terusir dari apartemen karena tak sanggup membayar lho.

Komunikasikan dengan Pemilik Unit

Nah, jika Anda sudah merasa yakin dengan unit apartemen yang akan disewa, komunikasikan  kembali mengenai beberapa hal yang sudah disetujui bersama dengan pemilik unit. Selain itu, komunikasikan juga dengan pihak pengelola apartemen sehingga tidak ada peraturan dan ketentuan umum yang terlewatkan.

Buat Perjanjian Sewa

Surat perjanjian sewa mencantumkan hal-hal yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban pihak pemilik dan penyewa. Perjanjian tersebut berisi rincian seperti:

– jumlah uang sewa,

– masa jangka waktu sewa,

– biaya-biaya,

– siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,

– fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

Surat ini dibuat 2 salinan di mana masing-masing pihak memegangnya. Tak ketinggalan, surat juga harus menggunakan materai. Dengan adanya surat tersebut maka secara langsung menjadi bukti legal Anda adalah penghuni unit apartemen.

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa apartemen. Pertimbangkan semua hal dengan teliti agar Anda tidak menyesal nantinya. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda menemukan apartemen yang tepat ya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s