Sudahkah Anda Mengecek Rasio Lahan Parkir Sebelum Membeli Apartemen?

rasio lahan parkir apartemen yang baik

Saat hendak membeli apartemen, biasanya hal-hal yang dipertimbangkan adalah lokasi, fasilitas, dan harga. Namun, ada satu hal penting yang sering terlupa untuk diperhatikan yaitu rasio lahan parkir.

Rasio lahan parkir dianggap tak terlalu penting karena dampaknya tidak langsung Anda rasakan. Padahal, jika lahan parkir apartemen tidak tersedia dengan baik, hal ini akan mengancam keselamatan kendaraan Anda. Misalnya, Anda tidak mendapatkan lahan untuk parkir. Lalu, dimana Anda harus meletakkannya? Hal ini cukup membuat pusing, bukan?

Agar kejadian seperti di atas tidak menimpa Anda, simaklah informasi mengenai rasio lahan parkir apartemen yang baik di bawah ini.

Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan menyatakan bahwa rasio parkir yang baik untuk apartemen adalah 1:1 dimana satu parkir mobil diperuntukan bagi satu unit apartemen tergantung luasannya. Selain itu, rasio parkir apartemen yang diharuskan adalah 25 m2 untuk satu buah mobil (sedan/van/pick up) dengan lebar minimun 2,25 m dan panjang 4,5 m pada posisi tegak lurus.

Daftar spot parkir mobil menurut luas lantai bangunan adalah:

  • Kurang dari 50 m2: 1 mobil/ 5 unit hunian
  • Luas 50-150 m2: 1 mobil/ 2 unit hunian
  • Lebih dari 150 m2: 1 mobil/ 1 unit hunian

Selain luas parkiran, hal lain yang harus dicek adalah jumlah serta posisi pintu. Semakin banyak jumlah pintu yang disediakan oleh pihak apartemen, maka akan semakin baik karena dapat memperkecil resiko terjadinya kemacetan saat akan parkir. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa posisi pintu dapat memudahkan kendaraan keluar-masuk bangunan.

Hal terakhir yang harus Anda cek adalah biaya. Sebagian besar apartemen menetapkan biaya parkir per bulan bagi penghuninya. Nah, hal ini tentu harus dipertimbangkan karena akan berpengaruh pada pengeluaran bulanan. Sebenarnya, tidak semua apartemen membebankan biaya parkir lho. Ada beberapa apartemen yang membebaskan para penghuninya dari biaya ini.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai rasio lahan parkir apartemen yang baik. Semoga dapat membantu dalam menemukan hunian yang tepat baik untuk diri sendiri maupun kendaraan Anda.

Tinggalkan komentar